Ragam Penyebab Muntah Darah Saat Hamil yang Perlu Diwaspadai

Pada dasarnya, wanita yang sedang hamil memiliki sensitivitas yang lebih tinggi, terutama dikarenakan perubahan hormon yang terjadi. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika ibu hamil cenderung lebih rentan terkena masalah kesehatan termasuk muntah darah saat hamil. Pernahkah Anda mendengarnya?

Tentu saja, muntah darah sewaktu hamil bukan merupakan hal yang sepele sehingga harus ditangani dengan cepat dan tepat. Para pakar mengatakan bahwa hal ini disebut hematemesis dan memiliki potensi bahaya.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang penyebab dari muntah darah yang terjadi saat hamil. Apa saja penyebab masalah ini? Simak ulasannya!

Penyebab Muntah Darah Saat Hamil

Berbincang tentang muntah darah yang terjadi sewaktu hamil, ada beberapa hal yang menjadi sebab munculnya masalah ini. Adapun beberapa penyebab dari masalah ini diantaranya adalah:

  1. Peradangan pada dinding lambung

Adanya peradangan yang muncul pada dinding lambung menjadi salah satu hal yang menyebabkan ibu hamil bisa muntah darah. Kondisi ini umumnya terjadi ketika peradangan terjadi hingga merusak pembuluh darah lambung.

Jika kondisi ini terjadi, ibu hamil bisa mengalami muntah darah. Tidak hanya itu, ada pula rasa perih dan menyakitkan yang muncul di bagian lambung. 

  1. Adanya varises di bagian kerongkongan

Hal lain yang menjadi sebab terjadinya muntah darah saat hamil adalah adanya varises di bagian kerongkongan. Kondisi ini umumnya ditandai dengan terjadinya pembesaran pada pembuluh darah pada dinding bawah kerongkongan.

Pada pakar mengatakan bahwa kondisi ini umumnya terjadi karena adanya sirosis atau terbentuknya jaringan parut di bagian hati karena adanya kerusakan hati. Umumnya, masalah ini terjadi apabila ibu hamil tersebut sebelumnya terbiasa mengonsumsi minuman keras.

  1. Mimisan

Mimisan juga bisa menjadi sebab terjadinya muntah darah ketika wanita sedang hamil. Pasalnya, saat mimisan terjadi, ada darah yang tertelan dari saluran pernapasan.

Nah, kondisi inilah yang menjadi dasar terjadinya muntah darah. Tidak hanya itu, para pakar mengatakan bahwa kondisi ini bisa mengakibatkan keluarnya darah pada feses yang keluar.

  1. GERD

Satu lagi penyebab dari muntah darah yang terjadi saat hamil adalah GERD atau naiknya asam lambung ke bagian kerongkongan. Apabila GERD ini terjadi, maka ada peradangan yang akan muncul sehingga akan memicu terjadinya pendarahan.

Terkait hal ini, ibu hamil yang memiliki gangguan mag harus lebih waspada. Pasalnya, mereka memiliki risiko terkena GERD yang jauh lebih besar. Bahkan, apabila GED yang terjadi ini sudah berada di level kronis, maka GERD bisa menimbulkan kanker. 

Beberapa hal tersebut adalah apa yang menjadi sebab terjadinya muntah darah saat hamil. Perlu dipahami bahwa hal ini bukan merupakan hal yang sepele sehingga harus diperhatikan dengan saksama.

 

Leave a comment

All fields marked with an asterisk (*) are required