Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 3 Halaman 80-84 Kurikulum Merdeka Bab 2: Evaluasi

Simak kunci jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 3 halaman 80 84 Kurikulum Merdeka dalam artikel berikut ini. Mata pelajaran Pendidikan Pancasila kali ini membahas tentang bagian Bab 2: Aku Patuh Aturan. Kunci jawaban mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 3 Kurikulum Merdeka dalam artikel ini bisa menjadi referensi atau panduan siswa dalam belajar.

1. Berilah tanda centang (√) pada kolom sesuai atau tidak sesuai berdasarkan informasi yang terdapat pada infografis! 2. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 4! Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 3 Halaman 80 84 Kurikulum Merdeka Bab 2: Evaluasi

Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Halaman 80, 81, 82, 83, 84 Kelas 3 SD Kurikulum Merdeka: Evaluasi Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 3 Halaman 116 120 Kurikulum Merdeka Bab 3: Evaluasi Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 3 Halaman 171 175 Kurikulum Merdeka Bab 4: Evaluasi

Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 2 Halaman 107 Kurikulum Merdeka Bab 3: Mari, Melakukan Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 2 Halaman 121 Kurikulum Merdeka Bab 3: Mari, Berlatih Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 2 Halaman 95 Kurikulum Merdeka Bab 3: Mari, Memasangkan

Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 2 Halaman 115 Kurikulum Merdeka Bab 3: Mari, Melakukan Disiplin Sekolah Proses belajar mengajar di sekolah dapat terlaksana dengan baik apabila disiplin sekolah ditegakkan. Disiplin sekolah merupakan bentuk aturan yang harus dipatuhi oleh semua warga sekolah. Tidak hanya peserta didik, para guru, kepala sekolah, dan pegawai sekolah juga wajib mematuhinya. Disiplin sekolah dibuat berdasarkan hasil musyawarah warga sekolah.

Jika ada warga sekolah yang melanggar disiplin maka akan dikenakan sanksi atau hukuman sesuai dengan pelanggaran yang dilakukannya. Aku dan teman teman merasa nyaman berada di sekolah. Para guru sangat menyayangi dan melindungi peserta didiknya. Meskipun terkadang ada saja yang berbuat kesalahan dan melanggar disiplin. Disiplin di sekolahku sangat bersahabat dan terbuka. Para guru siap menerima pendapat dan alasan yang kami berikan jika kami bersalah. Guru memberikan kesempatan kepada kami untuk menyampaikan apa yang kami rasakan dan siap untuk berdiskusi dengan peserta didiknya. 2. Suatu hari aku datang terlambat, apakah yang akan terjadi padaku ketika sampai di sekolah?

3. Pernyataan berikut bukan merupakan bentuk hukuman yang diberikan sekolahku. (Jawaban lebih dari satu) Hukuman secara fisik Berdiri di depan kelas

Merenungkan kesalahan Berdiri di lapangan menghormat bendera 4. Berilah tanda centang (√) pada kolom ya atau tidak sesuai dengan pernyataan berikut!

Proses belajar mengajar di sekolah dapat terlaksana dengan baik apabila disiplin sekolah ditegakkan. Saat melakukan kesalahan, peserta didik tidak dihukum secara isik akan tetapi guru memberikan nasihat dan bimbingan. Aturan sekolah yang bersifat terbuka adalah aturan yang memberikan ruang bagi siapa saja yang bersalah untuk merenung dan memperbaiki kesalahannya.

Disiplin sekolah merupakan bentuk aturan yang harus dipatuhi oleh semua warga sekolah. 5. Bacalah teks berikut dengan saksama! Saat Togu Melanggar Aturan

Pagi itu Togu datang terlambat ke sekolah. Togu bangun kesiangan karena tadi malam asik bermain game. Togu terburu buru ke sekolah sehingga lupa memakai topi dan dasi padahal hari itu adalah hari Senin. Saat tiba di sekolah pintu gerbang telah terkunci. Togu berdiri di depan pagar bersama beberapa anak yang juga terlambat menunggu upacara selesai. Baru kali ini Togu datang terlambat, ia sangat menyesal. Padahal selama ini Togu dikenal sebagai anak yang patuh pada peraturan sekolah. Setelah upacara selesai pintu gerbang dibuka. Togu dan yang lainnya dipersilahkan masuk oleh pak satpam. Togu tampak menundukkan kepala, merasa malu karena temantemannya melihat. Di ruang guru Togu duduk berhadapan dengan Bu Susi wali kelasnya. Togu langsung meminta maaf dan menyesali perbuatannya. Bu Susi menenangkan Togu dan memintanya untuk merenungi kesalahan yang telah ia perbuat dan berjanji untuk tidak mengulanginya.

Pada bacaan tersebut, Togu berjanji untuk tidak mengulangi kesalahannya. Pasangkanlah pernyataan pada kolom I dan kolom II sehingga menjelaskan informasi tentang cerita Togu tersebut! A. topi dan dasi b. bermain game hingga larut malam c. karena datang terlambat d. Togu merasa sangat menyesal e. yang patuh pada aturan

6. Kamu telah belajar tentang hak dan kewajiban, apa perbedaan hak dan kewajiban? 7. Apa manfaat jika peserta didik melaksanakan kewajibannya di sekolah? 8. Mengapa hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang? Berikan pendapatmu!

9. Bagaimana seharusnya pelajar Pancasila dalam melaksanakan hak dan kewajibannya di sekolah? Jelaskan! 10. Tuliskan masing masing 5 hak dan kewajibanmu di sekolah! 1. Guru dapat melihat soal untuk menyesuaikan jawaban.

Sebagai alternatif jawaban: 2. Aku akan mendapat hukuman karena melanggar aturan sekolah 3. Hukuman fisik, berdiri di depan kelas, berdiri dilapangan menghormat bendera

4. Guru dapat melihat soal untuk menyesuaikan jawaban Sebagai alternatif jawaban: Proses belajar mengajar di sekolah dapat terlaksana dengan baik apabila disiplin sekolah ditegakkan. (√)

Saat melakukan kesalahan, peserta didik tidak dihukum secara fisik akan tetapi guru memberikan nasihat dan bimbingan. Aturan sekolah yang bersifat terbuka adalah aturan yang memberikan ruang bagi siapa saja yang bersalah untuk merenung dan memperbaiki kesalahannya. (√) Disiplin sekolah merupakan bentuk aturan yang harus dipatuhi oleh semua warga sekolah. (√)

5. 1 d, 2 b, 3 a, 4 c, 5 e. 6. Manfaat dari pelaksanaan kewajiban adalah: Menjadi anak yang disiplin dan bertanggung jawab

Menjadi anak yang dapat dipercaya oleh orang lain Mendapatkan hak karena telah melaksanakan kewajiban 7. Jika tidak melaksanakan kewajiban maka:

Mendapatkan sanksi/hukuman Tidak berprestasi di sekolah Menjadi anak yang tidak bertanggung jawab

Belajar menjadi terganggu Tidak akan mendapatkan hak 8. Kewajiban dan hak harus seimbang. Kewajiban dan hak tidak dapat dipisahkan karena keduanya harus berjalan beriringan.

Seseorang akan memperoleh haknya jika ia telah melaksanakan kewajibannya. Sebaliknya seseorang yang tidak melaksanakan kewajibannya tidak akan mendapatkan haknya. 9. Seorang pelajar Pancasila akan melaksanakan kewajiban sebelum menuntut haknya, ia akan melaksanakan kewajiban dengan sungguh sungguh dan tanpa paksaan sesuai dengan pengamalan sila ke 5 Pancasila yaitu mengembangkan sikap adil terhadap sesama dan menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. 10. Hak peserta didik di sekolah adalah:

Hak untuk mendapatkan pengajaran Hak untuk mendapat perlindungan Hak untuk mendapat perhatian dan bimbingan guru

Hak untuk mendapatkan prestasi Kunci jawaban Pendidikan Pancasila di atas hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk memandu proses belajar anak. Sebelum melihat kunci jawaban, pastikan anak mengerjakan sendiri terlebih dahulu.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a comment

All fields marked with an asterisk (*) are required