Desain Rumah Jepang Minimalis dengan Nuansa Hangat

Jepang merupakan negeri sejuta pesona dengan daya tarik luar biasa. Selain budaya yang unik, negeri ini mempunyai desain rumah minimalis yang menarik. Rumah jepang minimalis adalah salah satu desain yang menggabungkan tampilan tradisional dengan modern.

Bentuk arsitektur dapat dikatakan memiliki ciri khas dan karakter. Hal yang membuat demikian yakni penggunaan jenis material dan bentuknya yang sederhana. Dengan penggunaan material atau bahan bangunan yang tepat pastinya dapat memberikan hasil yang memuaskan, salah satunya penggunaan beton readymix. 

Konsep interior pada rumah jepang mempertahankan bentuk tradisi, nilai, ketertiban dan keseimbangan yang menyatu pada alam. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat tertarik untuk mendesain rumah dengan konsep tersebut.

Desain Rumah Jepang Minimalis

Berikut ini desain rumah jepang minimalis dengan nuansa hangat

  • Desain rumah jepang minimalis modern

Untuk desain ini terbilang sederhana tapi digemari banyak orang. Anda dapat memadukan elemen-elemen arsitektur Jepang dengan desain modern. Misalnya, pada desain ini memadukan koridor engawa dengan desain terbuka.

Selain itu, Anda dapat menambahkan pintu geser shoji untuk menciptakan sirkulasi udara di rumah. Desain ini dapat dikatakan cukup mirip dengan desain rumah bambu Jepang tapi versi masa kini.

  • Desain rumah Jepang minimalis yang dilengkapi loteng

Desain konsep selanjutnya yaitu rumah ala jepang yang menggunakan loteng di mana dengan ini Anda dapat melihat pemandangan sekitar.

Area atap dapat dibuat melebihi area lantai dasar di mana atap dapat dimanfaatkan untuk engawa gaya modern. Selain kayu, bahan seperti beton dapat dimanfaatkan untuk gaya arsitektur Jepang modern

  • Rumah minimalis jepang 2 lantai

Rumah 2 lantai ini memakai sistem metrik tradisional sehingga membuat tampilannya menjadi lebih mencolok jika dibandingkan dengan rumah di lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu, rumah jepang minimalis ini memanfaatkan material prefabricated yang mana ukurannya telah disesuaikan dengan modulnya. Metode tersebut yang membuat perpaduan antara gaya kontemporer dengan tradisional menjadi lebih efisien.

  • Desain rumah jepang Zen Garden

Anda juga dapat menerapkan prinsip-prinsip desain gaya jepang dengan gaya dan bahan modern. Gaya modern dapat tetap mematuhi gaya tradisional Jepang. Anda hanya perlu menambahkan elemen khas seperti zen garden, pintu geser shoji, dan koridor engawa. Meskipun elemen tersebut digunakan untuk rumah khas tradisional tapi tidak ada salahnya dipadukan dengan gaya modern.

Ide Desain untuk Rumah Jepang Minimalis

Jika Anda tertarik dengan desain rumah jepang, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan

  • Furniture

Furniture yang mempunyai ukuran kecil telah menjadi standar yang umumnya digunakan pada konsep rumah Jepang. Hal tersebut karena filosofi desain Jepang sangat memperhatikan sirkulasi ruangan. Seperti ruang duduk di konsep lesehan.

  • Pencahayaan¬†

Task lighting bisa Anda pertimbangkan, jenis pencahayaan yang dapat berasal dari lampu dekoratif seperti lampu lampion. 

  • Unsur Alam

Rumah jepang nilai utamanya yakni terikat dan dekat dengan alam. Jadi bukan hal aneh jika konsep rumah yang digunakan menghadirkan unsur alam di dalam ruangan.

  • Jendela dan ruang terbuka

Konsep rumah jepang yang sangat menarik yakni ukuran jendela besar serta ruang terbuka. Konsep tersebut dapat membuat Anda melihat pemandangan dari berbagai penjuru.

Untuk Anda yang ingin membangun rumah dengan desain rumah jepang di Indonesia, bahan beton jauh lebih cocok apabila dibandingkan bahan tradisional seperti bambu dan kayu.

Hal ini disebabkan beton tidak akan dipengaruhi oleh kelembaban iklim tropis di Indonesia. Anda dapat mengunjungi website https://scgcbm.id/ untuk mendapatkan beton readymix. Di mana terdapat tiga pilihan, yakni beton waterproof, beton normal, dan beton super concrete.

Beton waterproof dapat meningkatkan daya tahan struktur bangunan sehingga tidak mudah bocor dan berjamur. Beton normal merupakan beton yang mutunya sesuai dengan yang dibutuhkan struktur untuk pengecoran lantai dasar rumah atau bangunan. Sedangkan beton super concrete lebih mudah mengalir tanpa harus menambahkan air.

 

 

Leave a comment

All fields marked with an asterisk (*) are required