Cara Aman Ajak Anak Liburan ke Luar Negeri, Dokter: Vaksin Harus Lengkap

Belakangan ini muncul tren bagi keluarga dengan ekonomi menengah ke atas membawa serta anak anak ikut serta ke luar negeri untuk liburan. Lantas umur berapa yang aman ajak anak travelling ke luar negeri? Lalu syarat apa saja yang harus dipenuhi? Dokter Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak dan ahli Neurologi Anak, Dr. dr. R. A. Setyo Handryastuti, Sp.A(K) mengatakan menurut aturan maskapai anak berusia enam minggu sudah diperbolehkan bepergian dengan pesawat terbang.

Namun kata dia ada hal lain yang perlu diperhatikan oleh orangtua saat mengajak anak jalan jalan ke luar negeri, salah satunya soal vaksin. "Boleh boleh saja, tapi kalau kita mau berdiam lama di satu negara, kita mesti melihat regulasi negara tersebut. Tentu vaksinasi kita meski dilengkapi," ujar Dokter Handry, Selasa(7/5/2024). Suatu negara kata dia memiliki kebijakan terkait vaksinasi apa yang perlu dilengkapi oleh pengunjung asal Indonesia. Misal, Jepang mewajibkan turis Indonesia sudah melakukan vaksin Tuberkulosis (TBC) sebelum masuk ke negaranya.

Batas Waktu Penyembelihan Hewan Kurban di Idul Adha 2023, Sampai Kapan? Ini Penjelasannya Cuaca Papua Barat dan Papua Barat Daya Hari Ini, Sabtu 27 Mei 2023: Manokwari Berawan Seharian Cuaca Papua Barat dan Papua Barat Daya Hari Ini, Minggu 25 Juni 2023: Manokwari Berawan Seharian

Perlu diketahui jika saat ini Indonesia menjadi salah satu negara endemi TBC. Aturan tersebut bertujuan untuk mencegah penularan TBC di Jepang. "Jadi vaksin rekomendasi negara Indonesia harus dipenuhi. Karena pasti ditanya. Kemudian mengikuti rekomendasi vaksin di negara kita kunjungi nanti. Itu kalau menetap ya," tutupnya.

Leave a comment

All fields marked with an asterisk (*) are required