5 Kelebihan Kulineran di Restoran Jepang Serta Tempat Rekomendasinya

Restoran Jepang punya makanan enak dan segar. Selain itu ada banyak kelebihan lain dibandingkan restoran biasa. Restoran Jepang terkenal dengan pelayanan yang cepat dan ramah. Tentu juga hidangan yang lezat. Seperti restoran milik chef ternama, di Jepang juga banyak restoran chef ternama.

Tetapi rata-rata orang bersantap di restoran Jepang selalu merasakan pengalaman yang menyenangkan. Dibandingkan dengan restoran biasa, berikut ini 5 kelebihan restoran Jepang dibandingkan restoran umumnya.

  • Bell ‘Sumimasen!’

Banyak restoran pelayannya menyambut Anda di pintu, mengantar ke meja, memberi menu dan menunggu Anda memilih seakan Anda bisa membacanya dalam 3 detik.Jika pelayan pergi, butuh waktu dan usaha untuk memanggilnya kembali. Mungkin karena mereka sibuk, lupa atau tidak melihat Anda. Hal ini menyebalkan.

Jepang punya aturan lebih baik dengan sebagian restoran dilengkapi bel sumimasen (permisi) di tiap meja. Jadi Anda hanya perlu sesuatu tinggal tekan bel dan beberapa detik kemudian pelayan datang untuk menerima pesanan.

Tanpa bel pun, di restoran Jepang, Anda cukup berteriak ‘sumimasen’ untuk mendapat perhatian pelayan dan ini bukan hal yang aneh maupun kasar.

  • Ada contoh imitasi menu di depan restoran

Untuk turis yang tidak mengerti bahasa Jepang, hal ini sangat membantu. Di banyak restoran Jepang, mereka di lemari kaca di depan restoran ada beberapa hidangan populernya dipajang dalam bentuk plastik palsu seukuran asli yang persis aslinya.

Dengan hal ini, Anda tidak perlu mengira-ngira bentuk makanan yang akan dimakan nanti. Jauh lebih baik dari hanya gambar 2D di daftar menu. Juga, tampilan ini bukan potongan plastik asal-asalan. Tapi karya seni berkualitas tinggi yang nyata.

  • Langsung bayar di kasir

Biasanya, Anda perlu memanggil pelayan jika telah selesai makan, meminta tagihan, menunggu mereka mengambil tagihan, membayar, dan menunggu mereka mencari kembalian.

Terlalu banyak menunggu yang berarti lama dan membuang waktu. Tapi di Jepang, hal ini menjadi efisien. Tidak ada menunggu. Setelah selesai makan, Anda bisa langsung bayar di kasir, bebas dari tagihan dan pulang dengan senang.

  • Pelayan yang sopan

Hal lain yang membuat restoran Jepang lebih baik adalah sambutan hangat irrashaimasen (selamat datang) yang diteriakkan oleh pelayan saat datang dan membuat Anda jadi orang penting.

Kemudian Anda dipandu ke meja, dijelaskan tentang bel sumimasen bila butuh bantuan pelayan, ditinggalkan untuk melihat-lihat menu dengan tenang. lalu membunyikan tombol sumimasen, memesan makananan, makan, membayar di kasir dan saat Anda keluar pelayan akan membungkuk dan mengatakan arigato gozaimashita (terimakasih banyak). Mereka sangat ramah senyum dan menggunakan bahasa yang sangat sopan. Menyenangkan.

  • Tanpa tip

Di banyak restoran lain, Anda harus menambah biaya dengan tip. Tidak memberi tip akan memberi kesan pelayanan restoran hanya standar. Memberi jumlah tip nya pun cukup membingungkan, 10% terlalu sedikit tapi 20 % terlalu banyak. Membingungkan.

Tapi di Jepang tidak ada tip. Bahkan saat Anda meninggalkan beberapa sen di meja, mereka akan mengejar dan mengembalikannya.

Mungkin itu juga alasan mengapa mereka melayani dengan bel sumimasen, karena pelayan tidak mencoba memberi kesan baik untuk mendapat tip. Juga, Anda tidak bisa menyelipkan tip karena sistem pembayaran yang langsung ke kasir.

Rekomendasi Resto Unik Berkonsep Jepang Yang Cocok untuk Ngegigs

Bagi Anda penggemar makanan Jepang, terdapat banyak restoran Jepang di Jakarta yang bisa Anda kunjungi. Beberapa restoran mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, namun banyak juga restoran eksklusif dengan menu-menu berkualitas tinggi. Ada banyak pilihan restoran yang bisa Anda sesuai dengan menu dan budget. 

Makanan Jepang merupakan salah satu menu yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia sekarang ini. Mulai dari sushi, ramen, paket daging bento, dan berbagai menu khas negeri sakura lainnya. Desain restoran Jepang biasanya memiliki nuansa Jepang yang kental dengan interior kayu yang minimalis. 

Dari sekian banyak restoran Jepang yang bisa anda kunjungi di Jakarta, Resto Antasore adalah yang terbaik saat ini.

Berlokasi di ujung jalan Antasari Jakarta Selatan, Resto Antasore menjadi salah satu tempat nongkrong yang hits di kawasan Cipete karena mengkombinasikan area outdoor yang nyaman dengan taman yang luas. Apalagi jika kalian berkunjung ke cafe ini waktu sore hari, pasti kalian akan sangat menikmati sejuknya suasana Resto Antasore.

Resto Antasore sebenarnya adalah tempat makan Jepang dengan konsep outdoor atau open space. Resto Antasore menawarkan berbagai macam olahan Japanese dari yang berjenis Salad, Sushi, Sashimi, hingga Rice Bowl.

Selain itu, Resto Antasore nggak hanya menyajikan banyak menu makanan Jepang aja. Kalau hanya ingin ngopi santai dengan cemilan juga bisa, kok. Kamu bisa menemukan berbagai menu minuman kopi, non kopi, mocktail, cocktail, serta minuman beralkohol sehingga sangat cocok sebagai tempat yang asik ngegigs.

Menu kopi andalannya adalah Kopi Sore, yaitu kopi dengan susu, es krim vanila, dan sirup butterscotch. Untuk makanannya, ada berbagai macam menu dari appetizer, poke dan salad, sushi dan sashimi, sushi roll, bento, rice bowl, yakitori, dan masih banyak lagi!

  • Alamat: Jl. Pangeran Antasari No. 19, Cilandak, Jakarta Selatan
  • Jam buka: 10.00 – 00.00
  • Harga: Rp50.000 – Rp100.000 / orang

Semoga bermanfaat 😊

 

Leave a comment

All fields marked with an asterisk (*) are required